Rabu, 23 Februari 2011

Setu Babakan Sebagai Tujuan Wisata Situs Betawi Dengan Tampilan Yang Khas Dan Sederhana

Terletak di daerah Srengseng Sawah Jakarta Selatan, Setu Babakan merupakan alternatif tepat untuk tempat pelepas penat warga kota yang telah jenuh dengan kesibukan pekerjaan sehari-hari. Gerbang bang Pitung dipakai sebagai pintu masuk utama dari wisata ini. Dikelilingi oleh para penjaja makanan  di pinggiran danau para pengunjung dapat duduk berjejer di bangku panjang sambil menikmati kerak telor, karedok, soto betawi dan makanan khas betawi lainnya.

Suasana di tepi danau ini sangat nyaman dan terasa sejuk dengan adanya pohon-pohon rindang yang berjejer di sekitar danau. Tidak hanya itu,  areal seluas 289 ha ini juga terdapat rumah-rumah betawi yang masih khas dan di sini kita dapat berbaur dengan masyarakat asli yang masih teguh memegang tradisi budaya Betawi. Semua pemandangan tersebut membuat hawa khas kampung si pitung ini menjadi lebih terasa.

Seperti halnya salah satu pengunjung, ibu Tati yang memilih Setu Babakan ini sebagai alternatif liburan karena selain tempatnya yang nyaman dan adem, tempat ini juga mudah dijangkau baik menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Dengan adanya bagian informasi di dalam area wisata dapat membantu pengunjung untuk mengetahui lebih dalam baik mengenai Setu Babakan ini ataupun Budaya Betawi keseluruhan. Tidak hanya keindahan wisata tapi setu ini juga menyajikan berbagai pagelaran pertunjukan seni Khas Betawi mulai dari Qasidah, Marawis, Keroncong, Gambang Keromong, Lenong dan Gambus. Juga tak lupa tari Topeng dan Ondel-Ondel turut ditampilkan dengan apiknya.

Setiap hari area ini tak pernah sepi dari pengunjung, hanya dengan mengeluarkan Rp. 2000, kita dapat menikmati kenyamanan tempat dengan suasana adem dan rindang di tambah dengan arsitektur Betawi yang khas.


Penulis: Intan & Putri   I   Editor: Indra Nst   I   Admin: FA

0 komentar: