Selasa, 01 Februari 2011

Raih Sukses dengan Bahasa Korea

Unas merupakan satu-satunya universitas swasta yang membuka program studi bahasa Korea.
Jakarta (UNAS),- Kuasai dunia dengan bahasa. Mungkin pepatah ini bisa menjadi pemicu semangat generasi muda Indonesia untuk menguasai bahasa-bahasa asing di dunia. Salah satu bahasa asing yang kini sedang berkembang di Indonesia adalah bahasa Korea.

Korea sebagai salah satu negara maju di dunia terus berusaha meningkatkan kualitas bangsanya dengan pendidikan dan kemampuan (skill). Sistem pendidikan di Korea mewajibkan warganya untuk menempuh pendidikan wajib belajar 12 tahun. Saat ini, sektor yang sedang dikembangkan oleh Korea yakni sumber daya manusia (SDM) dan industri.

“Korea itu negara maju. Mereka memajukan negaranya dari bidang pendidikan dan industri. Peningkatan sumber daya manusia dan industri telekomunikasi merupakan sektor yang saat ini sedang dikembangkan”, ucap Ketua Jurusan Program Studi Bahasa Korea Akademi Bahasa Asing Nasional (ABANAS), Dra. Rura Ni Adinda, MA., saat ditemui pada Jumat (21/1).

“Ada sekitar 3000 perusahaan Korea yang berada di Indonesia. Hal ini membuat masyarakat Indonesia berlomba-lomba untuk dapat bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut. Namun, kendala yang paling signifikan adalah minimnya kemampuan mereka dalam berbahasa Korea”, tambahnya.

Bahasa merupakan instrumen penting dalam menyatukan perbedaan antar suku, budaya, dan bangsa. Oleh karena itu, dalam upaya mengembangkan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang bahasa Korea, salah satu organisasi yang menghimpun universitas-universitas di Korea yaitu The Pasific Asia Society (PAS), berkunjung ke Indonesia untuk mengajarkan masyarakat Indonesia tentang bahasa dan budaya Korea.

Salah satu anggota PAS, Jang Yoo Na (21), mengungkapkan pendapatnya tentang program PAS ini. “Kami dari PAS memang memiliki program tahunan yaitu mengunjungi negara-negara di Asia untuk mengenalkan bahasa dan budaya kami. Banyak kendala yang dihadapi, salah satunya yaitu sulit untuk berkomunikasi dengan bahasa Korea. Tapi kami tetap senang bisa berinteraksi dengan mahasiswa Indonesia”, ujar Yoo Na yang merupakan mahasiswa Konkuk University.

Kini banyak institusi pendidikan memasukkan bahasa Korea sebagai bagian dari kurikulum. Salah satunya, yakni Universitas Nasional (Unas). Sejak 1987, di bawah naungan Pusat Pengkajian Korea, Unas membuka kursus bahasa Korea untuk mahasiswanya. Kemudian mulai tahun 2005, kursus bahasa Korea dijadikan sebagai salah satu program studi di Akademi Bahasa Asing Nasional dengan jenjang pendidikan diploma 3 (D3).

Unas merupakan satu-satunya universitas swasta yang membuka program studi bahasa Korea. Kesuksesan yang diraih mahasiswa jurusan bahasa Korea ABANAS dapat dilihat dari banyaknya lulusan yang sudah bekerja di berbagai perusahaan Korea di Indonesia dan meraih beasiswa belajar di beberapa universitas di Korea.

Selain Unas, universitas yang memiliki program studi bahasa Korea yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. 


Sumber: unas.ac.id   I   Admin: FA

0 komentar: