Rabu, 23 Februari 2011

Parkour’s “Philosophy About Efficiency"

Panjat tembok, lompat pagar, naik genteng sebagian orang menganggap aktivitas ini sedikit aneh, tetapi sebagian orang mencoba menekuninya. Parkour begitulah nama untuk aktivitas ini.

Parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari Parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.

Parkour berasal dari kata parcours du combatant yang berarti pelatihan halang rintang militer, kata Parcours “c” diganti menjadi “k” dan “s”nya dipakai untuk menjelaskan filosofi Parkour itu sendiri “Parkour’s “philosophy about efficiency”.

Traceur berasal dari kata “
tracer” yang berarti cepat, mempercepat (to trace/ to go fast) Parkour adalah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat dan efisien.

Parkour mengunakan beberapa gerakan seperti berlari, memanjat, meloncat untuk melatih kemampuan manusia untuk melewati segala bentuk rintangan di berbagai situasi dan kondisi di lingkungan urban atau rural.

Untuk berlatih parkour seorang tidak membutuhkan perlengkapan special. Hanya menggunakan sepatu lari, kaos, dan celana yang nyaman untuk lari. Parkour adalah cara hidup, cara belajar untuk menguasai kemampuan diri kita dan terus berkembang ke level fisik yang lebih sehat.

Komunitas parkour di seluruh dunia itu adalah komunitas anti kompetisi yang berarti bahwa kita berlatih bukan untuk menjadi lebih hebat dari orang lain, tapi untuk menjadi lebih baik dari kemampuan diri kita sendiri di hari kemarin.

Founder of Parkour itu sendiri adalah David belle dan dan sahabatnya Sebastian Foucan founder of free running dan 5 sahabat lainya di lisess tanggal dan tahun tidak bisa di sebutkan.

Berdirinya Parkour di Indonesia sejak tahun 2007 dan itu ada di Taman Ria Senayan di Jakarta hingga menyebar ke seluruh Indonesia mulai dari kelompok kecil-kecilan hingga menjadi sebuah komunitas besar yang rapih dan terorganisir.

Muhammad Akbar atau yang akrab disapa Rabhka Akbar adalah salah seorang penekun parkour yang sudah menekuni sejak tahun 2008 dan sangat cinta sekali dengan seni olah tubuh ini. Akbar biasa latihan rutin Parkour di Depok dengan Kongaroo Team Parkour & amp; Free Running setiap minggu di Balaiurung Universitas Indonesia.

“Biasanya latihan menghabiskan waktu 4 jam. Mulai jam 9-12 siang dan latihan formal seminggu sekali setiap minggu, saya tertarik latihan Parkour ini karena cocok dengan fashion saya dan dijadikan sebagai gaya hidup baru saya selain fighting” demikian ujar Akbar.

Harapan Akbar di kemudian hari akan banyak bermunculan praktisi-praktisi parkour baru yang lebih bagus, karena merupakan penerus dan jangan  sampai mereka tersia-siakan. Akbar juga memohon bimbingannya bagi  para pendahulu untuk mengajarkan Parkour yang baik dan benar, Ini murni dari hati bahkan parkour bisa merubah sifat, etika, dan norma buruk menjadi baik. Dan tetaplah menjadi dampak yang baik bagi sekitarmu, tidak sombong dan tetap mengagungkan namanya di setiap lompatan mu”. Tutupnya.

First Name : Muhammad Akbar
Called : Rabkha Akbar
Day of Birth : 2nd of april, 06-04-1991
Place of Birth : Meulaboh aceh barat
Address : Jl. Swadaya 1 Pasar Minggu
Worked : Entertaint

Penulis: Khalied   I   Editor: Indra Nst   I Admin: FA

0 komentar: