Kamis, 25 November 2010

Hakim Albertina Hardik Jaksa Fadil

Rabu, 24 November 2010 | 20:33 WIB
Anggota Majelis Hakim Albertina Ho mencecar mantan Kanit III Bidang Pencucian Uang, Pajak, dan Asuransi Direktorat II Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri, Kombes Pambudi Pamungkas yang menjadi saksi dalam persidangan dengan terdakwa Haposan Hutagalung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (22/10/2010). -kompas image, dhoni setiawan
JAKARTA,— Ketua Majelis Hakim Albertina Ho akhirnya "meledak" juga dengan gaya bersaksi Fadil Regan, jaksa yang pernah jadi peneliti kasus Gayus Tambunan. Albertina Ho menghardik Fadil yang selalu mengucapkan kata "siap" setiap kali menjawab pertanyaannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (24/11/2010) sore.
 
Saudara ini siap-siap terus!
-- Albertina Ho
 
"Saudara ini siap-siap terus!" kata Albertina Ho menghardik.
Fadil memang selalu lebih dulu mengucapkan kata "siap" sebelum menjawab pertanyaan. Kata "siap" memang sering diucapkan polisi atau tentara ke komandannya sebelum menjawab pertanyaan. Namun, jaksa tidak lazim menggunakan kata-kata tersebut.
Hardik Albertina Ho soal kata "siap" ini keluar saat sampai ke pertanyaan seputar penambahan pasal saat kasus Gayus diteliti oleh Fadil dan Cirus Sinaga. Albertina bertanya, dalam rekomendasi dijelaskan bahwa penyidik diminta untuk mencari alat bukti seputar pidana awal, bukan menambahkan Pasal 372 (penggelapan).
"Di sini tertulis soal mencari alat bukti, bukan menambahkan pasal baru. Kenapa Anda malah menambahkan pasal baru 372 bersama korupsi dan money laundering," kata Albertina Ho.
Fadil lalu menjawab, "Siap!"
Albertina pun geram. "Saudara ini siap-siap terus!" hardik Albertina.
Albertina tidak satu kali itu saja menyinggung soal jawaban "siap" itu. "Anda ini kebanyakan siap-siap," kata Albertina lagi.
Sebelum Fadil memberi kesaksian, majelis hakim sudah lebih dulu meminta kesaksian Cirus Sinaga yang juga merupakan jaksa peneliti dalam kasus Gayus sebelumnya yang disidik Kejaksaan Negeri Tangerang.
Cirus memang tidak memberikan jawaban "siap" seperti Fadil. Namun, Cirus tetap juga bergaya ala militer dengan memberikan hormat kepada penasihat hukum Gayus, Adnan Buyung Nasution, dan ke majelis hakim.

( Tribun / Editor: I Made Asdhiana )

0 komentar: