Rabu, 19 Januari 2011

Mendiknas Janji, 2012 Tanpa Kenaikan SPP

Ilustrasi;
Untuk menaikkan sumber pendapatan,
biasanya PTN akan menaikkan uang SPP
Mulai 2012, Mendiknas berharap langkah ini tak dilakukan lagi
karena PTN didorong menambah pendapatan
melalui peningkatan kerja sama penelitian.
JAKARTA,- Kementrian Pendidikan Nasional menyatakan saat ini tengah menyiapkan struktur dan porsi anggaran, khususnya di perguruan tinggi. Selama ini sumber anggaran perguruan tinggi negeri (PTN) berasal dari mahasiswa (SPP dan sumbangan), pemerintah, serta kerja sama dengan mitra (penelitian, industri, dan pemerintah daerah).
Hal itu dikemukakan Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR-RI, Senin (17/1/2011), di Jakarta. Menurutnya, untuk menaikkan sumber pendapatan, biasanya PTN akan menaikkan uang SPP.
Mulai 2012, Nuh berharap langkah ini tidak akan dilakukan lagi karena PTN didorong untuk menambah pendapatan melalui peningkatan kerja sama penelitian baik dengan kalangan industri maupun pemerintah daerah.
”Kalau porsi kerja sama penelitian dan industri ini bisa naik, pemerintah akan menaikkan insentif. Tetapi kalau pendapatan perguruan tinggi bertambah dari uang mahasiswa, insentif dari pemerintah akan dikurangi,” kata Nuh.
Nuh berkeyakinan, pihaknya memiliki anggaran yang cukup untuk memberikan insentif kepada PTN yang ”berprestasi”.
”Kenapa kami berani memberikan insentif itu? Karena ada kenaikan anggaran fungsi pendidikan sebesar Rp 40 triliun. Tahun 2011 Rp 248 triliun, sedangkan tahun 2012 menjadi Rp 284 triliun. Kenaikan tersebut akan kami sisihkan sebagian untuk memberi model insentif itu,” kata Nuh. (LUK) 


Sumber: Kompas.com   I   Admin: FA

0 komentar: