Kamis, 25 November 2010

Jangan Naik Motor Pakai Sandal Jepit

kompas image - dhoni setiawan
JAKARTA,— Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa mengimbau kepada pengguna sepeda motor agar menggunakan sepatu dan jaket saat mengendarai motor.

"Jangan pakai sandal jepit dan harus memakai jaket," kata Royke kepada wartawan di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Rabu (24/11/2010).

Menurut Royke, para biker kebanyakan hanya mengenakan sandal jepit. Mereka juga tidak mengenakan jaket saat mengendarai sepeda motor. "Ini sangat berbahaya bagi pengendara motor, apalagi kalau terjadi kecelakaan," kata Royke.


Kalau kita hanya pakai sandal, kesandung saja kaki bisa luka. Kalau tidak pakai jaket, jika terjadi kecelakaan, yang kena langsung kulit. Intinya "safety ride".
-- Royke Lumowa
 
"Sekarang kalau kita hanya pakai sandal, kesandung saja kaki bisa luka. Kalau tidak pakai jaket, jika terjadi kecelakaan, yang kena langsung kulit. Intinya safety ride," ujar Royke.

Namun, ia mengatakan, kepolisian belum akan menindak para pengendara yang memakai sandal jepit dan tidak memakai jaket. "Kami imbau dulu kepada masyarakat karena itu untuk keamanan dan keselamatan mereka juga," ujarnya.

Selain soal sandal dan jaket, Royke juga mengimbau para pengendara motor untuk mengenakan helm standar nasional Indonesia dan menyalakan lampu pada siang hari. "Pemeriksaan helm SNI terus kami lakukan. Bagi yang tidak menyalakan lampu kendaraan saat siang hari, mereka tetap akan kami tindak," ucapnya.
 
(Kompas.com / Penulis: Natalia Ririh   |   Editor: Heru Margianto )

0 komentar: