Selasa, 21 Desember 2010

Satu Lagi Pemain Ingin Dinaturalisasi

Pemain muda AZ Alkmaar, Oliver Rifai (kanan), saat berseragam timnas Belanda.
Dia siap ganti kostum untuk membela "Garuda". azjeugd.nl


JAKARTA,- Arus naturalisasi pemain tampaknya akan semakin marak. Setelah Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, dan Kim jeffrey Kurniawan, kini ada pemain muda lagi yang berminat dinaturalisasi. Dia adalah Oliver Rifai.

Seperti dilansir Arena, gelandang  AZ Alkmaar berumur 17 tahun itu sudah dipanggil timnas Belanda U-17. Ia punya peran besar membawa Belanda juara turnamen di Meksiko.

Rifai berayahkan orang Indonesia dan ibu orang Belanda. Dalam sebuah jejaring sosial, Rifaei menyatakan siap membela negara ayahnya, Indonesia, apabila PSSI menginginkannya. Maka, Rifai berharap PSSI menulis surat resmi kepada dirinya dan mengurus semua hal-hal terkait dengan administrasi naturalisasi.

Rifai memang pernah memperkuat timnas Belanda U-16 dan U-17, Tapi, dia masih bisa memperkuat Indonesia. Seperti regulasi FIFA terkait pemain naturalisasi, selama ia belum pernah memperkuat timnas Belanda senior, maka masih bisa membela negara lain.

Penyerang AC Milan, Kevin-Prince Boateng, adalah contohnya. Dia pemain kelahiran Jerman dengan ibu Jerman namun ayah dari Ghana. Dia pernah memperkuat timnas Jerman U-15 sampai U-21. Akhirnya, ia memilih membela timnas senior Ghana dan tampil di Piala Dunia 2010.

PSSI pernah kecolongan Radja Nainggolan. Pemain yang juga berdarah Indonesia itu tak bisa membela Indonesia, karena lebih dulu dipanggil timnas Belgia.

Penulis: Hery Prasetyo   |   Editor: Hery Prasetyo 

0 komentar: