Selasa, 26 Oktober 2010

Kasus Bibit-Chandra Anggodo Cuma Pemain, Dalang Rekayasa Kasus Belum Terungkap

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi didesak untuk segera mengungkap ada dugaan rekayasa yang membuat dua komisionernya harus berurusan dengan hukum. Anggodo Widjojo, yang sudah dijerat lebih dulu, bukanlah aktor utama dalang dari semua ini.

"Perekayasa harus diusut tuntas, Anggodo hanya pemain, dalang di balik ini belum terungkap, harus diusut," ucap peneliti Hukum ICW Donal Fariz di Jakarta, Senin (26/10/2010).

Menurut Donal, KPK harus memeriksa seluruh aparat lembaga penegak hukum yang pernah berurusan dengan perkara ini. Termasuk mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji.

"Saya yakin Susno tidak bertindak sendirian, ada aktor di luar kepolisian yang bermain untuk melemahkan KPK," tegas Donal.

Dan ini semua, bisa didorong oleh kemauan Presiden SBY. Presiden harus berani memberi instruksi dan mendorong kepada seluruh lembaga penegak hukum untuk membongkar kasus ini.

Donal juga mengingatkan, salah satu rekomendasi Tim 8 adalah memeriksa anggota Polri dan Kejaksaan yang diduga terlibat dalam rekayasa ini.

"Jadi presiden harus bisa mereview siapa yang terlibat dari rekomen tim 8 dan mengkonkritkan upaya selanjutnya," tandas Donal.

0 komentar: